1.MELAKUKAN RISET PASAR
Proses marketing dimulai dari riset pasar untuk melihat seberapa,potensi pasar,mengukur tingkat kebutuhan pasar dan ragam segmen yang tersedia juga mengetahui tingkat persaingan di pasar tersebut.
2 MENGEMBANGKAN STRATEGI MARKETING
.
Dengan memperhitungkan keunggulan anda,anda siapkan strategi positioning dan brand produk anda
3. MENETAPKAN PROGRAM MARKETING
Dari strategi marketing tersebut ,kemudian lebih rinci ke program marketing ,apa sajakah program marketing yang anda rencanakan
4. EVALUASI DAN PERBAIKAN
Pada tahap akhir ini kita lihat bagaimana hasil dari program-program marketing tersebut.sudah sesuaikah dengan target anda?dan dari hasilnya anda bisa rincikan kembali program marketing apa yang perlu diperbaiki ,mana yang perlu diperkuat,mana yang perlu dik sejati urangi atau mungkin ditiadakan.
KOMPONEN PENTING MARKETING 4P + ACTION
PRICE,PRODUCT,PLACE,PROMOTION AND ACTION
Catatan; Marketer harus menguasai Public Speaking,Communication Skill,Negotiation Skill,Leadhership dan Entrepeneurship
sumber ; joko susilo,trijaya network,pas FM,cakroy inspiration
Tidak ada komentar:
Posting Komentar